Kamis, 22 September 2011

Papercraft

     Papercraft adalah seni untuk membuat sebuah objek dengan menggunakan kertas, biasanya objek yg dihasilkan berbentuk 3D misalnya mobil, motor, kendaraan tempur, tokoh-tokoh, binatang, anime, rumah dll. Papercraft bisa dibilang pengembangan dari origami, origami yang kebanyakan hanya melipat menggunakan 1 kertas, sedangkan papercraft memerlukan lebih dari 1 kertas tergantung dari objek yang akan dibangun, dan proses pembangunannya cukup memerlukan kesabaran dengan memotng kertas, menempel antar komponen satu dng komponen yang lainnya.

     Tingkat kerumitan, detail dari objek yang dibagun termasuk peralatan dan bahan menentukan proses pengerjaan sebuah papercraft, tentunya ada satu faktor yang sangat mempengaruhi yaitu kesabaran. Menurutku membuat papercraft bukan merupakan kegiatan yang sia-sia, ngga ada kerjaan, tapi merupakan sebuah kegiatan yang dapat dibilangkan seni malah biasanya menjadi hobi, selain mengasah kemampuan kita dalam merakit, mengasah ketelitian dan kesabaran. Dan pastinya klo sudah selesai membuatnya ada rasa KEPUASAN BATIN, meskipun hasilnya blom 100% rapi, so namanya juga belajar sedikit-sedikit diperbaiki. 

     Jika kalian merasa ingin mencoba untuk membuat salah satu papercraft, kalian bisa mencarinya di internet. Ada banyak kok macamnya di internet, dan kebnyakan juga gratis. Untuk referensi kalian bisa mencoba download di paper-replika. Karena di sana ada banyak sekali macam dari papercraft, mulai dari yang paling mudah hingga yang paling rumit.

     Di Indonesia sendiri papercraft sudah mulai terkenal sejak tahun 2007. Tahun 2007 sepertinya bisa dijadikan langkah awal aktivitas darat komunitas ini dengan mengadakan pameran di Margonda Plaza, Depok. Kemudian di penghujung 2008 diadakan lomba papercraft di kampus IPB. Tahun 2009 diawali dengan kopdar dan mengikuti beberapa event seperti Pameran Ekonomi Kreatif 2009 di Jakarta, serta membuka seminar dan workshop papermodel di acara IndoComTech 2009.

     Untuk di Indonesia ada sebuah komunitas yang khusus membicarakan tentang papercraft. Namanya adalah PeRI. PeRI merupakan singkatan dari Komunitas Paper Replika Indonesia. Penggunaan 'bahasa campuran' Paper Replika tidak lepas dari pengaruh salah satu situs papercraft Indonesia yang sudah mendunia. Pada awalnya komunitas ini tak bernama. Namun dengan seringnya komunitas ini mengisi acara di berbagai kegiatan, kebutuhan untuk penyebutan nama komunitas yang mudah dihafal dan familier sangat diperlukan. Setelah dilakukan pembahasan yang cukup panjang di forum, akhirnya nama tersebut sepakat untuk digunakan sebagai nama resmi dari komunitas.

Sekian review tentang papercraft dari saya, Wassalamualaikum wr. wb.

2 komentar:

Adli Ihsan Hariadi mengatakan...

wenaaak, iku bumblebee wes samean gawe a?

ikhsan ariya mengatakan...

ora hahaha, sek durung semahir iku aku, aku sek nyoba seng dasar2 sek

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates